Jumat, 21 April 2017

Madu Sebagai Obat Terapi Osteoporosis

Mengapa madu membantu mengatasi osteoporosis?

Pasien osteoporosis biasanya kekurangan kalsium. Menurut dr Robert Hatibie, ahli gizi di Jakarta, kalsium madu memperbaiki peristaltik di usus dan lambung sehingga penyerapan kalsium berjalan baik. Konsumsi madu juga menstabilkan tekanan darah. 'Madu mengandung ribuan zat gizi yang sifatnya mudah diserap tubuh,' kata dr Robert Hatibie. Makanya madu menjadi salah satu sumber energi tercepat mirip VCO.

Khasiat madu dan propolis terbukti sejak 2.000 tahun silam. Riset-riset terbaru mendukung ini. Kadar glukosa madu relatif rendah seperti hasil penelitian K. Ratnayani dari Jurusan Kimia Universitas Udayana, Denpasar. Kadar glukosa madu randu 27,13%; madu lengkeng, 28,09%. Bandingkan dengan kadar glukosa gula yang mencapai 80%. Artinya, madu relatif aman bagi penderita diabetes mellitus. Riset terbaru menunjukkan bahwa madu juga bersifat antibakteri. Penelitiannya dilakukan Thomas Henle dari Institut Kimia Pangan, Universitas Teknik Dresden, Jerman.

Sifat antibakteri madu berkat senyawa methilglioksal (MGO). 'Makin tinggi kandungan MGO pada madu, makin tinggi pula aktivitasnya melawan bakteri,' kata Kerry Paul, Presiden direktur Madu Manuka Selandia Baru, kepada Trubus. Uji praklinis madu manuka mengenyahkan bakteri Escherichia coli penyebab diare dan bakteri Staphylococcus aureus penyebab intoksitasi atau keracunan dan berbagai infeksi seperti jerawat, bisul, serta pneumonia.

Sistem kerja khasiat madu untuk penderita jantung adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung akan dipenuhi oleh madu. Sehingga kinerja jantung bisa normal kembali. Dengan begitu metabolisme jantung akan kembali stabil.


Madu juga membuat pembuluh darah membesar sehingga sirkulasi darah bisa lancar. Selain itu, madu membantu meningkatkan hemoglobin, yaitu pigmen dalam sel darah merah yang bertugas untuk memberikan oksigen se setiap jaringan tubuh. Luar biasa bukan?

Untuk memberikan manfaat yang maksimal, sebaiknya anda konsumsi madu dan kayu manis. Karena dengan meminum madu dan kayu manis secara teratur bisa memperlancar pernafasan dan memperkuat jantung.

Itulah manfaat madu untuk jantung anda. Bagi anda yang belum terkena penyakit jantung sebaiknya juga mengkonsumsi madu untuk mencegah penyakit jantung di masa tua nanti. Karena hampir 80% orang tua mengalami masalah dengan jantungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar