Jumat, 03 Juni 2016

Perbedaan Madu Hutan Dan Madu Ternak

1. Beda Lebahnya


Lebah madu hutan dari jenis Apis dorsata sedangkan madu ternak dari jenis Apis cerana, Apis trigona,Apis indica atau Apis melifera sehingga, otomatis juga akan mempunyai perbedaan di jenis dan bentuk sarang, jenis nektar ( sumber makanan lebah ) yang akhirnya akan mempengaruhi perbedaan rasa, bau dan warna madu yang mereka hasilkan.

2. Beda Perlakuannya


Madu hutan didapat dari jenis lebah liar (bahasa inggrisnya untuk madu hutan adalah wild honey) yang sampai saat ini belum dapat ditangkarkan, sedangkan madu ternak dapat ditangkarkan. Madu lebah ternak diberi suplemen makanan tambahan berupa sirup gula, tetes tebu atau cairan lainnya yang sejenis sedangkan madu lebah hutan (Apis dorsata) tidak.

  3. Beda Standart Kadar Airnya


Karena lebah hutan membuat sarang di tempat terbuka (batang pohon, ranting pohon ,batu karang dll) sehingga otomatis menjadi lebih terpengaruh akan perubahan musim dibanding sarang lebah ternak yang berada di dalam kotak sehingga, untuk madu hutan jumlah dan waktu panen tidak pernah dapat dipastikan dengan pasti. Kadar air standar madu hutan yang ditentukan oleh JMHI (jaringan madu hutan indonesia) sekitar 24% sedangkan kadar air madu (ternak) SNI (setandart nasional indonesia ) 21% .

4. Beda Aroma dan Komposisi Umum


Lebah madu hutan memakan nektar berasal dari berbagai jenis bunga sehingga aroma dan rasa menjadi lebih kaya dan komplek jika dibandingkan dengan madu lebah ternak. Karena makanan yang beranekaragam maka menghasilkan kandungan dan nilai gizi yang lebih kaya dan tinggi juga jika dibandingkan dengan madu lebah ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar