Jumat, 03 Juni 2016

Kandungan Gizi Madu Hutan

KANDUNGAN MADU
Uji laboratorium menunjukkan bahwa 1000 gram madu bernilai 3.280 kalori, setara dengan kalori dari 50 butir telur atau 5.7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4000 gram kentang atau 1.680 gram daging. Kalori madu berasal dari fruktosa 41%, glukosa (35%) dan sukrosa (1.9%). Madu juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, K, urik acide dan asam nicotinat. Didalam madu juga terdapat kandungan mineral dan garam seperti zat besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium dan sodium, antibiotika dan enzim pencernaan.

Gula madu dapat langsung diproses tubuh menjadi energi, sedangkan gula pasir atau bahan makanan lain untuk menjadi energi harus diproses terlebih dulu oleh enzim pencernaan. Karbohidrat madu termasuk tipe sederhana. Rata-rata komposisinya adalah 17,1 persen air; 82,4 persen karbohidrat total; 0,5 persen protein, asam amino, vitamin, dan mineral. Karbohidrat tersebut utamanya terdiri dari 38,5 persen fruktosa dan 31 persen glukosa. Sisanya, 12,9 persen karbohidrat yang terbuat dari maltose, sukrosa, dan gula lain. Sebagai karbohidrat, satu sendok makan madu dapat memasok energi sebanyak 64 kalori.

BERBAGAI MANFAAT YANG TERDAPAT DALAM MADU HUTAN :
1. Vitamin A berfungsi sebagai pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, menjaga kehalusan kulit dan penyakit kulit lainnya, menurunkan resiko kanker paru-paru
2. Vitamin B1 berfungsi mencegah beberapa macam penyakit seperti gangguan jantung, sakit kepala, mencegah jantung berdebar, nafas pendek dan cepat lelah.
3. Vitamin B2 berfungsi membantu metabolisme karbohitdrat, lemak dan protein. Membantu pertumbuhan anti bodi dan sel eritrosit, membantu kondisi kesehatan tubuh secara umum dengan memelihara kemampuan kulit, mata, kuku dan rambut.
4. Vitamin B3 berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah gangguan pencernaan, gangguan saraf dan depresi.
5. Vitamin B5 berfungsi membantu dalam metabolisme karbo hidrat, lemak dan protein serta bertanggung jawab terhadap penundaan proses penuaan.
6. Vitamin B6 berfungsi membantu metabolisme asam amino yang berperan dalam mengatur pertumbuhan, memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak.
7. Vitamin C berfungsi sebagai mekanisme imunitas dalam rangka mempertahankan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit, berperan dalam perawatan pembuluh darah, otot, tulang rawan, tulang gigi, paru-paru, pembentukan darah dan penyembuhan luka.
8. Vitamin D berfungsi Membantu metobolisme kalsium dan fosfor teratur berguna untuk kesehatan tulang dan gigi.
9. Vitamin E Berfungsi Mencegah dan mempertahankan selaput sel
10. Vitamin K berfungsi dalam persenyawaan prothrombin
11. Kalsium berfungsi sebagai mekanisme pembekuan darah, kontraksi otot dan fungsi saraf.
12. Sodium berfungsi sebagai penyimpanan air dalam tubuh
13. Magnesium berfungsi mengaktifkan beberapa enzim, produksi energi, formasi protein dan replikasi sel.
14. Zat besi bertanggung jawab terhadap warna merah darah serta transport oksigen dalam darah, anti anemia, anti menarogia.

http://hutantropispadang.blogspot.co.id/2010/07/kandungan-gizi-dan-berbagai-manfaat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar